Post Page Advertisement [Top]

ADIWIYATAHEMAT ENERGIINFORMASI

ADA VAMPIR LISTRIK DI RUMAHMU


Pernahkah kamu menghitung berapa banyak peralatan listrik di rumahmu? Televisi, AC, kulkas, mesin cuci, laptop, handphone, kipas angin.... dan masih banyak lagi. Semakin banyak peralatan di rumah yang menggunakan listrik, semakin banyak tagihan listrik yang harus dibayarkan.

Tahukah kamu ada vampir listrik mengintai rumahmu setiap hari. Vampir listrik akan mencuri listrik tanpa kita ketahui. Tak jarang kita membiarkan peralatan elektronik kita tersambung dengan listrik setiap saat. Meski dalam kondisi mati atau standby power, peralatan elektronik yang tersambung listrik tetap mengkonsumsi energi. Itulah yang disebut vampir listrik yang membuat boros energi dan tagihan listrik kita menjadi mahal. 

Seandainya kita mau melakukan langkah kecil dengan mengubah sikap kita untuk mencabut alat elektronik saat tidak dipakai maka akan mengurangi biaya beban yang harus kita bayar.

Yuk... cari tahu berapa energi yang dicuri si vampir listrik di rumah kita bila kita lupa untuk mencabutnya.
1. Laptop, 50 watt / jam
2. Komputer Desktop, 25 watt / jam
3. Wifi atau Modem, 4 watt / jam
4. Printer, 5 watt / jam
5. Mesin Fotocopy, 20 watt / jam
6. DVD Player, 10 watt / jam
7. TV LCD, 15 watt / jam
8. Charger ponsel, 1 watt / jam

Bayangkan, berapa energi listrik yang terbuang percuma di rumah kita dalam satu bulan? Banyak sekali bukan?

Cara ampuh membasmi vampir listrik, hanya perlu perubahan kebiasaan-kebiasaan kecil. Di rumah misalnya, mematikan lampu dan AC saat siang hari, buka gorden dan jendela agar ruangan sejuk dan terang.

Sedangkan, alat-alat elektronik seperti televisi, AC, dan sebagainya yang tidak dipakai lebih baik dicabut kabelnya dari stop kontak. Lalu di kantor, Anda disarankan mematikan printer, komputer, mesin fax, mesin fotokopi yang tak digunakan, tidak dibiarkan standby terus-menerus.

Mari hemat energi dengan mematikan dan melepas hubungan listrik alat-alat elektronik tak terpakai. Bila akan meninggalkan rumah dalam waktu cukup lama, maka harus dipastikan barang-barang tersebut sudah tidak terpasang dan tidak mengkonsumsi energi.

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]